apotekergorontalo

PENGURUS DAERAH

IKATAN APOTEKER INDONESIA

PROVINSI GORONTALO

Headline News : Ketua PD IAI Gorontalo segera siapkan Tim SIAP untuk membantu Anggota dalam Proses Verifikasi SKP. Djayadi Azis Menghimbau agar Anggota dalam menyelesaikan Iuran Anggota yang masih tertunda, untuk mempelancar proses Verifikasi

Aneka Ragam Karakter Minyak Kayu Putih di Kawasan Teluk Tomini

Nur Fadhilah Hasan - Mahasiswa Farmasi UNG - Proses evaluasi karakter minyak kayu putih kawasan teluk tomini

FARMASI UNG – Salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah Sulawesi dan Kepulauan Maluku yaitu tanaman kayu putih. Tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk disuling secara tradisional oleh masyarakat maupun secara komersial menjadi minyak atsiri yang bernilai ekonomi tinggi. Bagian dari tanaman kayu putih yang digunakan untuk keperluan dan produksi minyak atsiri adalah daunnya. Produk utama yang dihasilkan yaitu berupa minyak kayu putih, dimana komponen terbesarnya adalah sineol yang berperan sebagai antimikroba, antioksidan, kekebalan tubuh, analgesik, dan spasmolitik. Selain itu, senyawa juga berpotensi sebagai antiinflamasi.

Ragam Minyak Kayu Putih di Kawasan Teluk Tomini

Minyak kayu putih sering digunakan dalam berbagai produk farmasi atau kesehatan, yang sering digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit ringan seperti masuk angin, sakit perut, pilek, kepala pusing serta gigitan serangga. Selain itu, minyak kayu putih bermanfaat sebagai bahan dasar dari aromaterapi. Penggunaan minyak kayu putih akan semakin bertambah seiring dengan meiningkatnya jumlah kebutuhan peinduduk. Namun, yang peirlu diperhatikan adalah kualitas dari minyak kayu putih itu seindiri. Sesuai ketentuan, kualitas atau mutu minyak kayu putih yang diperdagangkan di Indonesia harus sesuai dengan Standar Nasional Indoneisia (SNI) dimana untuk minyak kayu putih yaitu SNI 3954:2014

Nurul Fitrisya Ilimullah - Mahasiswa Jurusan Farmasi UNG

Sampel minyak kayu putih yang diteliti menggunakan metode PCA (Principal Component Analysis) oleh mahasiswi bernama Nur Fadilah S. Hasan dan Nurul Fitrisya Ilimullah dibawah bimbingan bapak Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan bapak Muhammad Taupik, S.Farm., M.Sc., dari berbagai wilayah Teluk Tomini di Pulau Sulawesi dan Maluku. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa sampel yang berasal dari teluk tomini hampir semua memiliki kemiripan dengan sampel Pasaran, adapun terdapat sedikit perbedaan ,namun tidak signifikan. Dibuktikan juga dengan beberapa parameter uji, seperti uji warna, uji bau, uji bobot jenis, uji putaran optik, uji indeks bias, uji kelarutan dalam alkohol dan menggunakan FTIR.

Dari hasil penelitian ini, kami berharap bahwa penelitian yang kami lakukan dapat menambah informasi dan wawasan masyarakat, selain itu kami berharap bisa bermanfaat bagi para peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti minyak kayu putih di daerah lain sekitar Teluk Tomini” Ujar Fadilah dan Nurul selaku peneliti.

Rilis : apt. deden

Editor : apt. Utin

Baca juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top