apotekergorontalo

PENGURUS DAERAH

IKATAN APOTEKER INDONESIA

PROVINSI GORONTALO

Headline News : Ketua PD IAI Gorontalo segera siapkan Tim SIAP untuk membantu Anggota dalam Proses Verifikasi SKP. Djayadi Azis Menghimbau agar Anggota dalam menyelesaikan Iuran Anggota yang masih tertunda, untuk mempelancar proses Verifikasi

Mungkinkah Metode Ultrasonikasi saingi Metode Ekstrusi? Liposome Antosianin

Sebagai sistem penghantaran obat, liposom haruslah memiliki karakteristik yang baik untuk dapat menjalankan fungsinya. Beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan yaitu ukuran partikel dan indeks polidispersitas. Kedua karakteristik ini memberikan peran yang sangat penting dalam liposom, dimana dapat mempengaruhi efisiensi enkapsulasi, profil pelepasan obat, biodistribusi, serta penyerapan liposom di dalam tubuh nantinya.

Sehingganya, telah banyak cara yang dilakukan untuk mengontrol karakteristik ini, salah satunya melalui metode pengecilan ukuran partikel (downsizing) diantaranya metode ekstrusi dan ultrasonikasi.

Pada metode ekstrusi, liposom dilewatkan melalui membran filter berpori, sehingga dapat menghasilkan ukuran partikel yang diinginkan. Metode ekstrusi ditemukan menjadi metode paling efektif dibandingkan metode lainnya, sehingganya telah banyak digunakan dalam proses produksi liposom.

Sedangkan metode ultrasonikasi adalah metode yang menggunakan gelombang getaran berfrekuensi tinggi yang dapat meningkatkan proses pencampuran dan pemecahan partikel besar menjadi partikel yang lebih kecil. Secara teori, semakin lama proses ultrasonikasi, akan menyebabkan pemecahan ikatan kimia dan menghasilkan ukuran partikel yang homogen.

Pada penelitian yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa dari program studi S1 Farmasi, Universitas Negeri Gorontalo, yang bernama Afrizal Jusuf di bawah bimbingan bapak Dr.rer.medic. Robert Tungadi, M.Si., Apt. dan ibu Nur Ain Thomas, M.Si., Apt., mengangkat masalah mengenai pengaruh lama waktu ultrasonikasi terhadap ukuran partikel dan polidispersitas indeks liposom antosianin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa liposom yang dipreparasi dengan menggunakan metode ultrasonikasi selama 5 menit, 15 menit, dan 30 menit menghasilkan ukuran partikel rata-rata sebesar 150,6 nm – 169,7 nm dengan nilai indeks polidspersitas rata-rata berada pada rentang 0,366 – 0,450. Bahkan, nilai ukuran partikel dan Polidispersitas Indeks (PDI) yang dihasilkan oleh metode ultrasonikasi selama 5 menit lebih baik dibandingkan dengan variabel kontrol yang menggunakan metode ekstrusi, meskipun tidak berbeda secara signifikan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saya berharap dapat menjadi bahan referensi atau rujukan, khususnya dalam upaya memperkecil ukuran partikel menggunakan metode ultrasonikasi”, tutur Afrizal Jusuf.

Rilis : Afrizal

Editor : apt. Deden

Baca juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top